Wednesday, May 29, 2013

Tips Menentukan Jenis Kelamin Burung Parkit

Menentukan jenis kelamin parkit memang gampang susah. Beberapa jenis parkit lebih sulit dibedakan  kelaminnya sedang yang lain relatif lebih mudah. Ini berarti bahwa sebagian jenis parkit akan menampilkan indikasi perbedaan gender sementara yang lain akan sulit untuk menentukannya.


Ada sejumlah ciri yang  bisa menjadi petunjuk apakah parkit berkelamin jantan atau betina. Berikut adalah beberapa diantaranya :

Cere
Ciri yang paling jelas untuk menentukan jenis kelamin parkit adalah dengan mengamati cere. Cere merupakan daerah berdaging pada paruh yang terletak di dekat hidung. Cere parkit betina umumnya berwarna coklat atau ungu, sedang parkit jantan memiliki cere berwarna biru terang atau biru gelap.

Perbedaan Perilaku
Sebagian pendapat mengatakan terdapat perbedaan perilaku antara parkit jantan dan betina. Meskipun bukan merupakan ilmu pasti, perbedaan perilaku dapat dijadikan indikasi dari jenis kelamin parkit. Parkit jantan umumnya lebih sering menggerakkan kepala, lebih bersifat sosial, serta lebih banyak berkicau. Di lain pihak, parkit betina lebih diam (tidak seaktif jantan) dan lebih jarang berkicau.

Kicauan
Perbedaan lain antara parkit jantan dan betina adalah pada kicauannya. Parkit jantan umumnya lebih banyak berkicau. Parkit jantan juga lebih mudah dilatih untuk berbicara atau menirukan berbagai suara. Meskipun tidak selalu akurat 100%, ciri-ciri ini bisa dijadikan rujukan dalam menentukan jenis kelamin burung parkit.


Tes Darah
Pada burung parkit yang berusia kurang dari 12 bulan, mengidentifikasi jenis kelamin secara visual bisa dikatakan hampir mustahil. Parkit pada usia ini belum sepenuhnya berkembang sehingga warna cere dan karakteristik fisik lainnya belum kelihatan. Pada kondisi ini, dokter hewan bisa menentukan jenis kelamin burung parkit melalui tes darah.

No comments:

Post a Comment