Wednesday, May 29, 2013

Fakta & Informasi tentang Enzim Pencernaan

Tubuh menyerap nutrisi dari makanan setelah enzim pencernaan memecah makromolekul. Pemecahan makanan dimulai di mulut dan berakhir di usus kecil.

Memahami enzim pencernaan akan memberikan informasi mengenai pentingnya nutrisi serta bagaimana tubuh bekerja untuk menyerap nutrisi makanan seperti lemak, karbohidrat, dan protein.


Berikut adalah beberapa enzim pencernaan yang penting dalam tubuh manusia :

  • Lipase
    Lipase merupakan enzim yang bertanggung jawab terhadap pemecahan lipid. Lipid adalah lemak dan minyak yang terkandung dalam makanan. Lipid terdiri dari molekul gliserol dan tiga rantai asam lemak. Tiga rantai asam lemak tersebut digunakan untuk memproduksi energi dalam sel. Lipase memecah daging dan minyak dalam diet menjadi molekul trigliserida, yang kemudian diserap oleh usus.

  • Protease
    Enzim protease bertanggung jawab terhadap pemecahan molekul protein. Protein adalah struktur pita terpilin rantai asam amino kompleks. Setiap asam amino memiliki peran yang berbeda dalam tubuh manusia, sehingga penyerapan dan penggunaannya juga berbeda tergantung dari struktur kimianya. Dua jenis protease utama yang disekresikan oleh pankreas adalah tripsin (trypsin) dan chymotrypsin.

  • Amilase
    Amilase adalah enzim yang bertugas memecah molekul karbohidrat. Karbohidrat merupakan molekul kompleks yang sulit untuk dipecah. Oleh karena itu, selain disekresikan oleh pankreas, amilase juga terdapat pada saliva (air ludah). Amilase memecah ikatan gula menjadi maltosa, yakni molekul glukosa ganda. Molekul ini kemudian diserap di usus kecil dan didistribusikan ke dalam darah.

  • Lambung
    Lambung memiliki asam yang memulai pemecahan makanan. Di lambung juga terdapat enzim pepsin yang berfungsi memetabolisme protein. Sphincter lambung bagian bawah akan mendistribusikan makanan secara perlahan ke dalam usus kecil, sehingga makanan mempunyai cukup waktu untuk dicerna sebelum produk sampah dibuang melalui usus besar.

  • Empedu
    Empedu bukanlan enzim, namun merupakan komponen penting dalam pemecahan lemak. Empedu dihasilkan oleh hati dan dikirim ke kandung empedu untuk disimpan. Kandung empedu menyimpan dan melepaskan empedu saat makanan berlemak dikonsumsi. Empedu akan mengelilingi lemak dan mengemulsikannya. Emulsifikasi lemak akan memudahkan lipase memecahnya menjadi komponen yang lebih kecil.

No comments:

Post a Comment