Sunday, May 26, 2013

Sejarah, Khasiat, dan Manfaat Minyak Almond

Minyak almond (Almond oil) dihasilkan dari almond manis (Prunus amygdalus) dan almond pahit (Aprunus amygdalus amara).

Minyak almond manis digunakan sebagai carrier oil untuk dicampur dengan minyak atsiri (essential oil) yang bermanfaat untuk kulit, rambut, dan lainnya.

Minyak almond dari almond manis juga bisa digunakan sebagai minyat pijat dan aromaterapi. Sedangkan almond pahit dapat digunakan untuk berbagai kuliner.


Sejarah Minyak Almond

Almond kaya akan sejarah. Mulai dari mitologi Yunani hingga Shakespeare sampai di jaman modern, masyarakat sudah mendapatkan manfaat dari almond dan produk sampingannya.

Pada jaman dulu, di Turki, orang menggunakan minyak almond untuk memasak, penerangan, obat-obatan, dan parfum.

Salah satu manfaat utama dari minyak almond yang banyak digunakan adalah sebagai lubricating emollients (pelumas) untuk kulit. Almond saat itu sangat berharga di Asia, Persia, dan Mediterania.

Jenis-Jenis Minyak Almond

Almond manis dan almond pahit menghasilkan minyak yang digunakan untuk bermacam keperluan, mulai dari untuk memasak hingga perawatan kulit.

Almond manis merupakan penghasil carrier oil untuk aromaterapi dan sebagai bahan dasar untuk lotion kulit. Sedangkan almond pahit memproduksi Amaretto dan minyak goreng.

Manfaat Minyak Almond

Minyak almond manis digunakan sebagai minyak pijat yang efektif, pelembab untuk kulit dan wajah, serta perawatan kulit. Minyak almond manis bagus untuk semua jenis kulit, bisa meredakan gatal-gatal, nyeri, dan kekeringan pada kulit.

Minyak almond tidak menembus sedalam minyak lainnya dalam kulit sehingga menjadikannya ideal sebagai minyak pijat aromaterapi dengan keharuman dan kelembutan yang menyenangkan. Minyak almond juga bisa meredakan peradangan, gatal-gatal, bibir pecah-pecah, dan nyeri otot.

Minyak almond banyak direkomendasikan untuk berbagai penggunaan. Untuk rambut, lembabkan ujung jari tangan dengan beberapa tetes minyak almond.

Kemudian pijat lembut kulit kepala. Manfaat minyak almond manis untuk rambut diantaranya adalah merawat kulit kepala dan folikel, mencegah rambut rontok, serta memberikan kekuatan dan kilau pada rambut.

Untuk kesehatan internal, minyak almond membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, menurut budaya India, minyak almond merupakan pereda rasa sakit dan obat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Banyak masyarakat di berbagai belahan dunia yang mengambil manfaat dari minyak almond. Namun, jika Anda alergi terhadap kacang-kacangan, sebaiknya hindari minyak almond.

No comments:

Post a Comment