Wednesday, May 29, 2013

5 Makanan untuk Meringankan Batu Empedu

Orang yang memiliki batu empedu pasti akan berupaya mencari solusi untuk memecahkan masalah mereka. Salah satu kunci untuk menghilangkan rasa nyeri akibat batu empedu adalah dengan mengubah diet. 


Lima makanan berikut dapat meringankan derita karena batu empedu :

  1. Apel
    Selain banyak mengandung vitamin, apel juga bisa menyehatkan kantong empedu. Apel mengandung asam malat dan tartarat yang dapat memecah kolesterol. Sebagaimana diketahui, 80% batu empedu terutama terbentuk dari kolesterol. Itu sebab, apel segar dan jus apel alami sangat baik untuk perawatan batu empedu.

  2. Artichoke
    Artichoke amat bagus untuk kesehatan kantong empedu. Artichoke mampu mendorong produksi empedu lebih banyak yang pada gilirannya akan menurunkan konsentrasi kolesterol dalam kantong empedu sehingga membantu melarutkan batu empedu. Artichoke juga bisa mengurangi produksi kolesterol oleh hati. Selain dikonsumsi segar, artichoke dapat diperoleh dalam bentuk suplemen.

  3. Lobak
    Seperti artichoke, lobak merangsang produksi empedu dan membantu memecah lemak. Kedua fungsi tersebut dapat membantu mengenyahkan batu empedu.

  4. Kunyit
    Kunyit umumnya digunakan dalam berbagai makanan dan memberikan warna kuning yang menarik. Kurkumin merupakan komponen bermanfaat dari kunyit yang mampu menurunkan peradangan, menghancurkan sel-sel kanker hati, dan melarutkan batu empedu. Khasiat kunyit akan dimanfaatkan tubuh secara maksimal jika dikonsumsi bersama dengan lada hitam.

  5. Sayuran berdaun hijau
    Bukan tanpa alasan para ibu menyuruh anak mereka memakan banyak sayuran. Sayuran hijau seperti bayam memiliki manfaat luar biasa untuk hati dan kantong empedu. Selain bayam, sayuran hijau seperti sawi, collard hijau, dan kangkung juga bisa dijadikan alternatif. Sayuran hijau yang mengandung klorofil akan membantu membuat tubuh lebih basa.
Makanan yang bersifat asam seperti produk daging, susu, gula, biji-bijian, dan alkohol, umumnya meninggalkan ‘residu’ asam di dalam tubuh yang harus dibuang. Makan sayuran akan mengurangi residu, mengurangi beban pada hati, dan ujungnya menyehatkan kantong empedu serta melarutkan batu empedu.

No comments:

Post a Comment