Wednesday, May 29, 2013

6 Tips Menjaga Kelinci Tetap Fit dengan Latihan Fisik

Seperti halnya tubuh manusia, kelinci juga perlu melakukan latihan fisik (olahraga) secara teratur agar tetap fit dan sehat. Aktivitas fisik adalah bagian dari perilaku alami kelinci. Jika tidak mendapatkan latihan atau stimulasi setiap hari, kelinci menjadi lesu dan tidak bersemangat. Salah satu cara agar kelinci mendapatkan aktivitas fisik yang cukup adalah dengan membiarkannya keluar dari kandang.


Berikut adalah tips bagaimana memberikan kelinci Anda porsi aktivitas fisik yang cukup agar tetap sehat :

  1. Keluarkan kelinci dari kandangnya. Biarkan dia berlari-lari minimal 4 hingga 5 jam.
  2. Untuk keamanan, jaga agar kelinci tetap di area dimana Anda masih dapat mengawasinya. Sedikit saja lengah, kelinci bisa cedera atau makan benda atau zat berbahaya. Hal ini karena kelinci tidak memiliki indera keenam mengenai apa saja yang boleh atau tidak boleh mereka makan. Kelinci juga bisa terjebak di tempat yang sempit dan tidak bisa keluar.
  3. Berikan benda-benda untuk teman bermainnya, misalnya sebuah kotak untuk dilompatinya atau mainan plastik kecil yang dapat dilempar.
  4. Taruh kotak pasir (sandbox) jika kelinci Anda senang menggali. Anda bisa mengisi sebuah wadah plastik dengan 1/3 pasir di dalamnya untuk tempat kelinci menggali.
  5. Berikan mainan yang bisa digigit oleh kelinci supaya tidak menggigiti furnitur atau tanaman hias Anda. Mainan ini bukan hanya menjaga benda-benda kesayangan Anda dari gigitannya, melainkan juga membantu menstimulasi pertumbuhan gigi secara alami kelinci Anda.
  6. Bermainlah bersama kelinci di lantai. Ini akan membantu terjalinnya ikatan dengan kelinci kesayangan Anda.

No comments:

Post a Comment