Tuesday, May 7, 2013

4 Peran & Manfaat Kesehatan Bakteri pada Yogurt

Berabad lamanya, berbagai berbagai budaya dari seluruh dunia telah membuat yogurt sebagai salah satu cara untuk mengawetkan susu.

Yogurt yang mengandung kultur bakteri hidup atau bakteri aktif bermanfaat membantu kesehatan sistem pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Yogurt dihasilkan melalui proses fermentasi, dimana bakteri baik melakukan serangkaian proses kimia yang menghasilkan fermentasi.

Bakteri baik (probiotik) memiliki karakteristik yang sama dengan mikroorganisme menguntungkan yang ditemukan dalam sistem pencernaan manusia.


Berikut adalah peran dan manfaat bakteri dalam yogurt :
  1. Fermentasi
    Bila ditambah dengan susu atau krim hangat, bakteri yang ditemukan dalam yogurt bertambah menjadi 100 kali lipat.
    Penambahan jumlah bakteri ini menjadi tanda awal dari proses fermentasi.
    Bakteri memiliki peran penting dalam fermentasi susu menjadi yogurt. Bakteri L. bulgaricus dan S. thermophilus sering digunakan sebagai kultur biakan (starter cultures).
    Ketika suhu lebih dari 37,78 derajat Celcius , bakteri akan menghasilkan yogurt, produk fermentasi susu yang memiliki miliaran bakteri dalam setiap sendok.

  2. Rasa
    Bakteri yang ditemukan dalam yogurt adalah penyebab munculnya rasa asam pada yogurt.
    Bakteri melepaskan enzim yang mengubah laktosa menjadi asam laktat. Enzim ini akan mengubah struktur laktosa susu menjadi asam laktat selama proses fermentasi.

  3. Tekstur
    Asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri membuat struktur protein susu menjadi tidak stabil.
    Peningkatan keasaman dari proses fermentasi menyebabkan terjadinya proses koagulasi, sehingga susu membentuk struktur seperti gel.
    Yogurt membutuhkan periode inkubasi untuk terjadinya proses koagulasi atau pemisahan protein susu.
    Selama proses inkubasi dimana bakteri berkembang, asam laktat menyebabkan susu menjadi mengental.

  4. Kesehatan
    Bakteri yang terdapat dalam yogurt memiliki struktur molekul yang mirip dengan mikroorganisme yang ditemukan dalam usus manusia, sehingga membantu tubuh dalam mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan.
    Selain itu, bakteri dalam yogurt juga membantu melindungi tubuh terhadap bakteri patogen yang dapat menimbulkan penyakit.

No comments:

Post a Comment