Monday, May 27, 2013

6 Tips Mencuci Syal Rajutan Tangan agar Tahan Lama

Syal dari rajutan tangan merupakan pilihan tepat untuk melengkapi gaya berbusana Anda. Selain menambah gaya, syal rajut juga memberi perlindungan ekstra dari paparan udara dingin. Berbeda dengan jenis pakaian lain, syal rajutan tangan memerlukan perlakuan berbeda saat Anda hendak mencucinya. Namun jangan selalu mengartikan perlakuan berbeda yang identik dengan keruwetan.


Berikut adalah cara sederhana mencuci syal rajut kesayangan Anda agar tahan lama :

  1. Isi baskom atau ember dengan air hangat dan tambahkan deterjen lembut. Sebagai alternatif, Anda bisa pula menggunakan shampo bayi atau shampo biasa. Aduk air hingga deterjen atau shampo tercampur merata.
  2. Rendam syal dalam ember hingga basah seluruhnya. Gerakkan syal bolak-balik di dalam air untuk membuka serat kain. Setelah itu, rendam syal selama kurang lebih 5 menit.
  3. Angkat syal dari ember dan tekan untuk membuang sisa air. Pastikan untuk tidak memeras atau memuntir syal karena akan merusak serat. Isi kembali ember dengan air bersih untuk membilas syal. Ulangi seperlunya hingga tidak ada lagi sisa deterjen atau shampo.
  4. Setelah selesai bilasan terakhir, tekan syal untuk membuang sisa air. Cukup tekan dan jangan peras.
  5. Letakkan syal diatas handuk kering. Gulung handuk dan peras gulungan handuk untuk mengeluarkan sisa air sebanyak mungkin. Perhatikan bahwa yang diperas adalah gulungan handuk, bukan syalnya.
  6. Bentangkan handuk lain yang masih kering. Letakkan syal diatas bentangan handuk tersebut. Biarkan hingga kering dengan sendirinya. Hindari menjemur syal di bawah sinar matahari langsung.

No comments:

Post a Comment