Sunday, June 9, 2013

Tips Bermain Bersama Anak di Dalam Rumah

Banyak hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan oleh orangtua dengan anak-anak di rumah. Melakukan hal bersama tidak hanya mencegah kebosanan tetapi juga memungkinkan anak-anak untuk dapat mengembangkan kemampuan fisik, mental, serta kreativitasnya.


Berikut adalah permainan yang dapat dilakukan bersama anak di rumah :

  • Bermain Scavenger Hunt
    Bermain scavenger hunt merupakan cara sederhana namun menyenangkan untuk mengasuh anak-anak di rumah. Permainan ini memerlukan daftar beberapa benda yang harus dicari dan ditemukan. Tugas anak-anak adalah menemukan semua benda yang ada di daftar tersebut dan menaruhnya ke dalam keranjang yang telah ditentukan. Balita dapat menemukan benda yang digambarkan secara sederhana seperti sesuatu yang berwarna biru atau sesuatu yang lembut. Benda-benda tersebut bisa juga digambar daripada sekedar ditulis untuk membuat permainan semakin menarik terutama bagi anak-anak yang lebih kecil. Untuk anak yang lebih besar, mereka harus diberikan daftar yang lebih menantang. Menyembunyikan petunjuk di sekitar rumah atau menggambar peta dimana tempat benda tersebut bisa ditemukan dapat membuat permainan ini lebih menarik dan mengasyikkan.

  • Membangun Benteng di Dalam Rumah
    Ruangan bermain, kamar anak, atau ruangan lain yang tersedia di dalam rumah dapat dijadikan tempat untuk membangun proyek benteng bersama anak-anak. Untuk memandu anak-anak, langkah terbaik adalah dengan meminta mereka memilih tema dan mencari tahu apa yang mereka inginkan untuk proyek pembangunan benteng tersebut. Setelah membuat benteng dari selimut, rumah boneka, kotak raksasa yang dihias menggunakan spidol dan krayon, atau sebuah gua kecil yang terbuat dari papan dan kertas, anak-anak dapat menikmati snack, menonton film, atau sekedar tidur siang di dalam benteng buatan mereka.

  • Membuat Scrapbooks
    Untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas anak, proyek seni dan kerajinan yang melibatkan foto, stiker, kertas berwarna, dan hiasan artistik lainnya dapat digunakan untuk membuat scrapbook. Di bawah bimbingan remaja atau orang dewasa, biarkan anak-anak memotong dan menyisipkan foto favorit mereka dan bahan-bahan seni yang lain pada lembar memo (scrapbook) mereka.

  • Bermain dengan Gelembung (Bubbles)
    Cukup mencampur detergen cair pencuci piring, air, dan pewarna makanan dapat menghasilkan larutan untuk dapat membuat gelembung sabun besar yang memungkinkan anak-anak untuk menikmati lingkungan yang penuh gelembung di dalam rumah. Anak-anak harus didampingi saat melakukan ini karena cairan sabun bisa saja tertelan. Setiap anak akan menyukai gelembung sabun. Cara ini merupakan metode mudah dan praktis untuk menghabiskan waktu di rumah bersama anak.

No comments:

Post a Comment