Tuesday, June 4, 2013

5 Langkah Membekukan Mentimun

Mentimun utuh tidak bisa langsung disimpan di freezer untuk dibekukan karena teksturnya akan menjadi lembek. Tekstur mentimun tidak akan berubah dan bisa tahan lama ketika dibekukan bila sudah diubah menjadi acar terlebih dahulu. Buatlah mentimun menjadi acar dengan menggunakan cuka dan beberapa bahan lainnya. Untuk mendapatkan rasa dan hasil terbaik, pilihlah mentimun yang masih segar sebelum dibekukan.


Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membekukan mentimun di freezer :

  1. Kupas 2 kg mentimun segar, kemudian iris kecil-kecil. Tempatkan irisan dalam mangkuk.
  2. Potong bawang merah menjadi irisan tipis dan tempatkan dalam mangkuk yang sama dengan mentimun. Tambahkan 1 sdm garam.
  3. Tutup mangkuk dengan bungkus plastik dan diamkan mentimun pada suhu kamar selama dua jam. Tiriskan mentimun dengan saringan di atas wastafel.
  4. Campurkan 1 1/2 cangkir gula, 1/2 cangkir cuka putih atau cuka sari apel dan 1/2 sdt mustard, tuangkan di atas mentimun. Pindahkan campuran tersebut ke dalam wadah plastik yang memiliki tutup kedap udara atau kantong plastik khusus freezer yang memiliki penutup.
  5. Tempatkan mentimun dalam freezer. Mentimun akan menjadi acar dan siap untuk dinikmati dalam waktu empat hari. Acar mentimun bisa tahan dalam freezer hingga satu tahun.

No comments:

Post a Comment