Tuesday, June 18, 2013

Kiat Menjaga Hubungan di Kantor tetap Harmonis

Suasana kerja yang baik akan menciptakan kinerja yang prima. Sebaliknya jika permasalahan kerap muncul, maka para karyawan akan merasa malas bekerja karena tidak nyaman. Untuk itu penting menjaga hubungan kerja tetap harmonis. 


Simak tips di bawah ini agar hubungan kerja tetap terjaga : 

  1. Meningkatkan kerukunan dan persatuan
    Agar kerja tim selalu baik, semua anggota harus saling menghormati satu sama lain. Jadi terlepas dari posisi Anda, hormatilah orang lain untuk Apa yang mereka lakukan, dan jaga kerukunan sepanjang waktu.

  2. Hindari permainan menyalahkan
    Ketika datang suatu masalah, banyak karyawan yang saling menuding kesalahan. Bukannya mencari jalan keluar, Anda malah terus menyalahkan teman Anda. Terlebih hal tersebut diungkapkan di hadapan atasan. Hal ini tidak hanya merusak hubungan Anda dengan rekan kerja, tapi Juga merusak citra Anda di depan atasan Anda.

  3. Menghargai orang lain
    Sekecil apapun bentuk pertolongan atau bantuan dari rekan Anda, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Hal ini dapat memperkuat hubungan baik dengan rekan. Hargai segala upaya karyawan dalam memajukan perusahaan, jangan hanya mencari kelemahannya saja. 

  4. Hindari politik kotor
    Cobalah untuk tidak menghasut satu karyawan terhadap yang lain untuk kepentingan pribadi Anda yang tidak ada hubungannya dengan perusahaan. Tidak ada gunanya bermain politik kotor, karena cepat atau lambat, bisa ketahuan dan membahayakan reputasi Anda.

  5. Jangan mengandalkan trik murahan
    Jangan menjatuhkan teman untuk mendapat promosi. Atau menjelek-jelekkan rekan Anda di hadapan bos tanpa bukti yang kuat. Hal ini sangat buruk dan bisa merugikan rekan Anda. 

  6. Tetap profesional
    Terkadang, hubungan kerja akan memburuk ketika orang mencampur antara urusan pribadi dan profesional. Saat jam kerja jangan pernah membahas urusan pribadi, selain dapat menghambat pekerjaan, waktu rekan Anda akan tersita karena sikap Anda. Bicarakan hal pribadi di luar jam kerja.
Ciptakan suasana kerja yang menyenangkan agar hubungan kerja dan mempunyai persahabatan yang erat.

No comments:

Post a Comment