Monday, June 17, 2013

5 Cara Mengontrol Kebiasaan Gila Belanja



Ketagihan membeli barang-barang atau gila belanja sangat merugikan. Anda termasuk orang yang gila belanja? Jika iya, simak cara mengontrol kebiasaan gila belanja seperti berikut ini :

Bawa uang tunai
Berbelanja paling aman memang memakai uang tunai. Sebab jika membayar dengan kartu kredit, Anda tidak akan sadar sudah menghabiskan banyak uang.

Jangan bawa uang
Jika berniat melihat-lihat barang, coba tinggalkan uang di rumah. Dengan demikian tujuan awal melihat-lihat tidak akan berujung pada buang-buang uang.

Daftar belanjaan
Sebelum keluar rumah, tulis segala kebutuhan barang yang akan dibeli. Bukan cuma makanan, pakaian dan yang lain juga butuh daftar agar Anda tidak membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Jangan belanja saat marah
Marah artinya emosi Anda sedang tidak stabil. Semua penilaian dan pemikiran pun cenderung salah. Maka dari itu, hindari kebiasaan belanja saat marah agar Anda lebih mampu mengontrol isi dompet.

Keluar dan masuk
Buat peraturan baru, setiap ada satu barang masuk lemari Anda, keluarkan satu barang lain yang ada di dalamnya. Entah Anda mau menyumbangkan atau menjualnya lagi, semuanya terserah Anda.

Itulah berbagai cara mengontrol kebiasaan gila belanja. Punya saran berbeda?

No comments:

Post a Comment