Tuesday, June 4, 2013

4 Tips Efektif Agar Mobil Tetap Awet



Ada beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi biaya pemeliharaan mobil. Dengan melakukan beberapa tips sederhana ini, mobil akan berumur lebih lama :

  1. Mesin : Segera jalankan mobil setelah mesin dinyalakan.
    Mobil jaman dulu memang perlu dipanaskan sebelum dijalankan. Ini karena sesaat setelah distarter, campuran bahan bakar pada mobil lama masih belum stabil. Ada kalanya campuran terlalu banyak bensin atau terlalu banyak udara. Campuran akan stabil setelah mobil dipanaskan. Menjalankan mobil dengan mesin dingin bisa merusak komponen mesin. Sedangkan mobil model baru, campuran bahan bakar-udara sudah langsung merata meski mobil baru dinyalakan. Namun, jangan langsung tancap gas saat mobil baru berjalan. Ini akan menyebabkan kompenen mesin cepat rusak.

  2. Suspensi : Kurangi kecepatan saat melintasi gundukan atau jalan yang tidak rata.
    Suspensi mobil berada dalam posisi terkompres ketika melintasi permukaan yang tidak rata. Mekanisme ini akan membuat pengemudi dan penumpang tetap merasa nyaman. Gaya kompresi akan disalurkan pula ke sasis. Dalam kondisi normal, mekanisme ini wajar dan baik-baik saja. Masalahnya, ketika kecepatan tidak dikurangi saat melintas di jalan yang tidak rata, gaya tekan yang besar dapat memengaruhi sasis, sambungan logam, dan sistem suspensi sehingga lebih cepat aus.

  3. Sistem listrik : Pastikan terminal aki tetap bersih.
    Aki merupakan komponen penting pemasok listrik pada mobil. Listrik digunakan untuk menyokong sistem mobil secara keseluruhan termasuk memberi energi untuk kelengkapan entertainment mobil. Terminal aki harus dipastikan bersih dan tersambung rapat. Anda dapat membeli sikat kuningan untuk membersihkan terminal aki. Sebuah aki 12 volt bisa memproduksi lebih dari 13,5 volt ketika bekerja dengan baik. Tegangan yang drop dapat memengaruhi kinerja mesin serta mengakibatkan kesulitan saat menstarter mobil.

  4. Body : Jaga kebersihan interior dan eksteriornya.
    Poin ini sudah cukup jelas. Namun ada satu hal yang harus Anda waspadai. Di bagian bawah pintu, spatbor, dan kap mesin di dekat kaca depan, umumnya terdapat lubang sebagai jalan air. Pastikan lubang ini bersih dan tidak tersumbat. Jika lubang kotor atau tersumbat, air akan menggenang dan dapat menyebabkan karat pada mobil.

No comments:

Post a Comment