Tuesday, September 10, 2013

Turunkan Tekanan Darah Dengan 7 Makanan Ini

Jangan abaikan tekanan darah tinggi, karena bisa berujung pada penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya. Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.


Pertama-tama, cek dulu tekanan darah Anda. Jika tekanan darah Anda tinggi, konsumsi beberapa makanan berikut ini :

  1. Air kelapa
    Air kelapa kaya potasium, elektrolit, dan nutrisi penting lain yang diketahui bisa menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di West Indian Medical Journal menemukan bahwa minum air kelapa bisa membantu 71 persen partisipan mengurangi tekanan darah.

  2. Pisang
    Penelitian di Harvard Medical School melaporkan bahwa makanan yang kaya potasium nitrat dan potasium klorida seperti pisang adalah makanan yang ideal untuk menurunkan tekanan darah.

  3. Kismis
    Penelitian di Louisville Medical Center menunjukkan bahwa sering makan kismis sebagai camilan setiap hari bisa menurunkan tekanan darah tinggi bagi orang yang dalam tahap pre-hipertensi.

  4. Kunyit
    Selain bisa digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata juga bisa menurunkan peradangan dalam tubuh yang menyebabkan tingginya kolesterol dan tekanan darah. Kunyit yang secara aktif mengurangi peradangan pada akhirnya akan membantu menjaga fungsi kardiovaskular serta menjaga kelancaran aliran darah.

  5. Semangka
    Selain mengandung potasium, semangka juga mengandung asam amino yang bisa menurunkan tekanan darah. Hasil ini ditemukan oleh peneliti di Florida State University.

  6. Cokelat
    Terdapat zat dalam cokelat yang bisa menurunkan tekanan darah dan memperlebar pembuluh darah. Namun untuk mendapatkan zat tersebut, sebaiknya pilih cokelat gelap yang mengandung sedikit gula.

  7. Susu skim
    Susu skim dengan satu persen susu bisa memberikan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup banyak. Dua nutrisi ini bekerja untuk menurunkan tekanan darah hingga tiga sampai 10 persen.

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan tekanan darah. Ada baiknya untuk tidak menunggu hingga tekanan darah melonjak, namun mengonsumsi makanan dia tas untuk terus mengontrol tekanan darah Anda.

No comments:

Post a Comment