Sunday, July 14, 2013

5 Makanan Yang Ampuh Tangkal Paparan Sinar UV

Menghadapi cuaca yang panas tidak cukup dari luar. Anda memang memerlukan tabir surya, topi, payung agar kulit tidak gosong saat tersengat matahari. Tapi asupan dari dalam juga tak kalah penting. 


Berikut lima makanan yang ampuh melawan sengatan matahari :

  1. Tomat merah
    Tomat adalah pertahanan terbaik untuk menjaga kulit tampak muda dan aman dari kerusakan akibat sengatan matahari. Wanita yang rajin mengonsumsi tomat dapat meningkatkan perlindungan kulitnya. Hasilnya, berkurangnya kerusakan DNA akibat ultraviolet (UV). 

  2. Semangka
    Semangka merupakan sumber lain dari lycopene, yakni antioksidan pelindung kulit dari radikal bebas, bisa mencegah segala macam kanker kulit. Semangka bisa membantu mengurangi risiko penyakit akibat sinar matahari. 

  3. Paprika
    Paprika mengandung antioksidan tinggi, yang mengurangi imbas sinar UV yang dapat merusak kulit. Selain itu dapat pula menghambat peradangan dari paparan sinar matahari. Yuk, rajin makan paprika demi kulit sehat!

  4. Delima
    Polifenol dalam biji delima melindungi kulit dari UV A dan UV B. Buah ini dapat meningkatkan perlindungan dari matahari hingga 25% dan juga menghambat hiper-pigmentasi. Maka dari itu delima sering menjadi komposisi dalam berbagai produk perawatan kulit seperti lotion, pelembap dan tabir surya. 

  5. Ikan salmon
    Ikan ini kaya akan lemak omega-3, yang menghambat peradangan dari sinar UV B hingga 52%. Mereka juga menghalangi pelepasan enzim imbas UV yang menggerogoti kolagen dan menyebabkan garis dan kendur. 

Yuk, perangi sinar matahari yang jahat dari dalam dan luar tubuh :)

No comments:

Post a Comment