Sunday, August 18, 2013

7 Tips Mengurangi Ketagihan Junk Food



Sudah banyak penelitian yang menyebutkan kalau junk food tidak baik bagi kesehatan dan mampu memicu berbagai macam penyakit. Tetapi jika Anda termasuk orang yang kecanduan junk food, coba simak tips untuk mengurangi ketagihan tersebut seperti berikut ini :

  1. Tentukan batasan
    Coba kurangi pesanan junk food ketika Anda pergi ke restoran cepat saji. Misalnya hanya memesan burger tanpa soda. Jika sudah terbiasa, hentikan kebiasaan makan junk food sepenuhnya.

  2. Ngemil sehat
    Junk food membuat Anda tetap merasa lapar. Jadi lebih baik ngemil makanan lain saja yang menyehatkan. Misalnya buah-buahan segar atau kacang-kacangan.

  3. Menemukan pengganti
    Daripada membeli junk food di restoran cepat saji, coba buat makanan Anda sendiri. Contohnya, buat sandwich dari roti gandum, sayuran, dan daging ayam tanpa lemak.

  4. Tetapkan tujuan
    Ingin menghadiri sebuah acara dan ingin tampil sempurna? Kurangi konsumsi junk food Anda. Dengan menetapkan tujuan, biasanya kecanduan akan konsumsi junk food juga pelan-pelan bisa berkurang.

  5. Hilangkan kebiasaan buruk
    Masih suka makan sambil nonton TV? Jika iya, mulai sekarang jangan begitu lagi. Sebab penelitian menyebutkan kalau makan sambil nonton TV membuat kita sulit fokus pada makanan. Sehingga Anda pun tidak sadar sudah menghabiskan porsi besar.

  6. Jangan minum alkohol
    Apa hubungannya alkohol dengan kecanduan junk food? Ternyata kebiasaan minum alkohol memperburuk penilaian Anda tentang makanan. Sehingga Anda cenderung makan segala jenis makanan, sekalipun sebenarnya itu tidak sehat.

  7. Tidur cukup
    Jangan pernah mengurangi jadwal tidur di malam hari. Jika Anda kerap kurang tidur, nafsu makan akan bertambah. Kecanduan terhadap junk food akan semakin memburuk.

Itulah beberapa tips untuk mengurangi ketagihan junk food. Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment