Sunday, August 25, 2013

5 Nutrisi Yang Melawan Nyeri Otot



Otot Anda sering terasa kram, kaku dan nyeri? Tentu hal ini akan menyiksa dan membuat tidur jadi tidak nyaman. Kram otot bisa disebabkan oleh kelelahan dan kurangnya peregangan, sirkulasi yang buruk, dehidrasi dan kekurangan nutrisi tertentu. Berikut nutrisi hebat yang melawan kram otor :

  1. Air
    Ketika Anda mengalami dehidrasi keseimbangan elektrolit air terganggu, dan mempengaruhi saraf. Rata-rata orang kehilangan tiga sampai empat cangkir air per hari hanya melalui keringat dan urine. Jadi pastikan tubuh Anda tidak kekurangan air.

  2. Sodium
    Zat ini membantu menjaga keseimbangan tubuh, saraf generasi impuls dan kontraksi otot.Ketika keseimbangan elektrolit terganggu, tubuh akan mulai menarik nutrisi dari sumber lain. Maka dari itu penuhi sodium dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan tertentu seperti seledri.

  3. Kalsium
    Mineral ini mengendalikan sinyal saraf otot untut berkontraksi. Ketika ada sedikit kalsium, tidak ada sinyal saraf terkendali, dan Anda bisa kejang. Makanan yang kaya kalsium termasuk sayuran hijau, ikan kaleng (dengan tulang dan dalam minyak), dan susu.

  4. Magnesium
    Magnesium mengatur adenosin trifosfat (ATP), sumber energi yang besar untuk kontraksi otot, membuat otot-otot rileks. Makanan yang kaya magnesium termasuk bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, kacang, kacang kedelai, biji-bijian, yogurt, pisang, buah kering dan dark chocolate.

  5. Kalium
    Mineral ini memainkan peran penting dalam pembentukan otot dan sel saraf dan juga mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda. Makanan kaya kalium antara lain sayuran berdaun hijau, alpukat, aprikot kering, pisang,yogurt, salmon, jamur putih dan kentang panggang (dengan kulit).

Konsumsi lima nutrisi di atas dan rasakan khasiatnya pada otot Anda.

No comments:

Post a Comment