Tuesday, April 30, 2013

Tips Memilih Pot Bonsai Terbaik


Agar tumbuh indah, bonsai membutuhkan pot yang tepat. Pot dan aksesoris lain semakin banyak tersedia seiring semakin populernya bonsai.

Pot bonsai tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan ukuran dan jenis bonsai.

Pot bonsai yang baik tidak perlu mahal, tetapi harus mampu mengakomodasi ukuran bonsai serta memiliki nilai estetika tinggi.


Pot terbaik umumnya terbuat dari tanah liat. Ukuran pot harus diperhatikan sehingga masih memberi ruang bonsai untuk tumbuh.

Pot harus berdiameter sama atau lebih besar dengan diameter batang bonsai. Sedang kedalaman pot setidaknya setara dengan setengah tinggi pohon.

Panduan ukuran di atas terutama ideal diterapkan pada bonsai yang telah berusia tua. Bonsai yang masih muda tidak perlu terlalu ketat mengikuti standar di atas.

Warna pot dengan warna tanah umumnya akan cocok untuk sebagian besar jenis bonsai. Sementara untuk pohon bonsai bunga, pot berglasir bisa menjadi pilihan tepat.

Pot tanah liat tanpa glasir cocok untuk pohon yang memilki daun warna hijau. Pot berwarna cerah sebaiknya dihindari. Jangan sampai wana pot yang ramai malah akan mengalihkan perhatian dari bonsai itu sendiri.

Bagaimana bentuk fisik bonsai juga dapat membantu dalam memilih pot bonsai yang sesuai.

Bonsai dengan batang ramping dan melengkung, atau dengan tekstur kayu dan daun yang lembut akan cocok ditempatkan dalam pot berbentuk bulat atau oval. Contoh bonsai jenis ini adalah maple Jepang.

Di sisi lain, pohon-pohon dengan batang besar serta ranting yang kuat serta lebat lebih cocok ditempatkan dalam pot bujur sangkar atau persegi panjang.

Sebelum memutuskan hendak membeli pot bonsai jenis apa, bertanya dengan seseorang yang telah ahli perihal bonsai akan mempertajam pilihan Anda.

No comments:

Post a Comment